Categories
Tips

5 Tips Menyetrika Cepat dan Rapi, Semudah ini !

Mau berangkat pesta, tapi baju kelihatan kusut?  Mood yang tadinya semangat mendadak jadi bete kan. Bisa jadi cara menyetrika nya yang kurang tepat, sobat smart.

Padahal, sebenarnya pekerjaan menyetrika ini sederhana, lho. Jika dilakukan dengan benar, dalam waktu yang singkat pun bakal rapi! Nggak percaya? Cobain aja 5 tips menyetrika cepat dan rapi berikut ini!

1. Gunakan Aluminium Foil

Cara menyetrika yang satu ini memang nggak umum. Tapi tahukah kamu kalau menyetrika dengan lapisan aluminium foil bakal bikin baju lebih cepat rapi?

Coba deh, taruh aluminium foil di atas papan atau alas setrika. Panas dari setrika akan dipantulkan dan tembus ke sisi lawan pada baju, sehingga kamu nggak perlu membolak-balikkannya. Lebih hemat waktu!

2. Setrika dari Dalam

Menyetrika dari dalam memang terkenal ampuh untuk membuat baju cepat licin dan rapi. Khususnya untuk baju berbahan tebal dan jersey. Selain itu, jika kamu menyetrika kerah dan bagian kancing kemeja dari depan, biasanya baju akan jadi lebih cepat mengerut. Supaya baju awet, maka setrika saja dari bagian dalam! Teknik ini juga cocok digunakan jika bagian depan baju terdapat sablonan.

3. Gunakan Gulungan Handuk

Cara menyetrika cepat dan rapi yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gulungan handuk. Gunanya adalah untuk menyetrika kemeja lengan panjang supaya nggak berlipat.

Caranya, taruh saja gulungan handuk kecil tersebut ke dalam lengan baju. Selanjutnya, setrikalah seperti biasa. Voila! Baju akan rapi tanpa ada lipatan di sisi lengan!

4. Atasi Lengket Secepat Mungkin

Pada umumnya setrikaan sudah memiliki lapisan anti lengket, tapi biasanya akan terkikis jika setrikaan sudah tergores benda-benda keras. Akhirnya, setrikaan lengket inilah yang akan menghambatmu! So, jika kamu sudah menemukan setrikaanmu mulai lengket, segera atasi atau ganti!

5. Atur Prioritas

Tingginya tumpukan baju yang harus disetrika seringkali membuat kita jadi malas untuk mulai menyelesaikannya. Jika kamu merasa seperti ini, maka saatnya kamu membuat prioritas!

Cicil setrika dari baju yang akan dipakai dalam waktu dekat. Baju-baju lain yang belum akan dipakai bisa kamu setrika di keesokan hari. Kamu juga bisa mengelompokkan baju-baju berdasarkan kebutuhannya. Blus atau kemeja yang dipakai untuk pergi ke kantor tentu harus rapi, tapi baju-baju santai seperti kaos mungkin tak perlu terlalu rapi sempurna. Ini akan membuatmu lebih santai saat menyetrika.Daripada terbengkalai terus, biar
Smartmaid aja yang nyetrika. Rapi dan Cepat maksimal, deh.

Mau dateng ke acara penting apapun udah siap, setiap saat. Smartmaid ahlinya bikin rapi dan kece.

#baju
#setrika
#pembantu
#pembanturumahtangga
#pembanturumahtanggasurabaya
#pembanturumahtanggajakarta
#asistenrumahtangga
#smart
#smartmaid
#jakarta
#surabaya

Categories
Tips

Yuk, Kenali Gejala Alergi Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Muncul ruam dan gatal gatal pada kulit anak?

Bisa jadi itu adalah tanda alergi yang dialami anak. Alergi atau sensitivitas merupakan reaksi berlebihan dari sistem imunitas atau daya tahan tubuh, yang dipicu oleh alergen.

Alergi pada bayi merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengetahui penyebab dan cara menangani alergi yang dialami bayi agar gejala yang muncul dapat segera teratasi.

Tak hanya orang dewasa, bayi juga dapat memiliki alergi terhadap makanan yang mereka konsumsi, benda-benda yang mereka sentuh, dan partikel halus yang mereka hirup di dalam rumah atau di luar ruangan.

Namun, orang tua sering kali merasa kesulitan menentukan apa penyebab alergi pada bayi, karena ia belum dapat menjelaskan gejala yang dialami. Oleh karena itu orang tua harus lebih cermat untuk memperhatikan gejala alergi yang dapat dialami bayi.

Penyebab dan Faktor Risiko Alergi pada Bayi

Alergi pada bayi terjadi ketika sistem imun bayi bereaksi terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya, sehingga menimbulkan reaksi alergi. Hingga saat ini, belum diketahui mengapa hal tersebut terjadi. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya  alergi pada bayi, antara lain:

1. Genetik

Alergi pada bayi umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Hal ini berarti bayi berisiko memiliki alergi bila salah satu atau kedua orang tuanya juga memiliki alergi terhadap sesuatu, meskipun jenis alerginya bisa saja berbeda dengan jenis alergi orang tuanya.

2. Lingkungan yang terlalu bersih

Faktor yang satu ini memang tidak terduga. Namun, lingkungan yang terlalu bersih dan bebas kuman justru dapat membuat sistem kekebalan tubuh bayi tidak mendapat kesempatan untuk mengenal dan melawan kuman.

Hal ini membuat tubuh bayi bereaksi secara berlebihan terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya.

3. Gangguan kesehatan tertentu

Bayi yang mengalami angguan kesehatan, seperti eksim, diduga berisiko memiliki alergi terhadap makanan tertentu atau asma saat mereka dewasa nanti.

4. Tidak diberi ASI

Risiko alergi makanan juga dapat meningkat jika bayi tidak diberi ASI secara rutin atau sudah diberi makanan padat atau susu formula sebelum mereka berusia 3 atau 4 bulan. Hal ini karena ASI mengandung beragam nutrisi yang dapat membentuk dan meningkatkan sistem imun bayi.

Selain beberapa faktor di atas, ada pula zat atau benda yang dapat memicu alergi pada bayi, antara lain:

  • Makanan, seperti kacang, susu, telur, kerang, dan ikan
  • Tungau atau debu
  • Bulu binatang
  • Jamur
  • Serbuk sari pohon
  • Gigitan serangga
  • Obat-obatan tertentu
  • Bahan kimia, seperti detergen atau pembersih rumah tangga

Berbagai Gejala Alergi pada Bayi

Bayi yang mengalami alergi akibat salah satu faktor atau pemicu di atas, akan menunjukkan beberapa gejala berikut ini:

  • Bengkak pada wajah, bibir, dan lidah
  • Muntah
  • Diare
  • Kulit gatal atau melepuh
  • Batuk-batuk atau bersin-bersin
  • Kulit memerah atau ruam
  • Susah bernapas
  • Hilang kesadaran atau pingsan

Cara Mengatasi Alergi pada Bayi

Jika Si Kecil menunjukkan gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera bawa ia ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan. Jika hasil pemeriksaan menyatakan Si Kecil menderita alergi, dokter dapat memberikan saran dan penanganan, seperti:

1. Menghindarkan bayi dari pemicu alergi

Dokter akan mengidentifikasi zat yang memicu alergi pada Si Kecil. Dengan mengetahui pemicunya, Anda dapat menghindarkan Si Kecil dari paparan zat tersebut.

2. Menjaga kebersihan rumah

Jika Si Kecil menderita alergi debu, tungau, atau jamur, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah adalah:

  • Ganti dan cuci sprei bayi setidaknya seminggu sekali.
  • Cucilah mainan anak secara rutin dengan air panas.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan masuk ke dalam kamar bayi.
  • Buka jendela rumah agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.
  • Hindari penggunaan karpet karena dapat menjadi sarang debu atau tungau.

3. Memberikan bayi makanan bergizi

Jika memungkinkan, berikan Si Kecil ASI eksklusif setidaknya selama 6 bulan pertama hidupnya guna menurunkan risiko alergi. Akan lebih baik bila ASI tetap diberikan setelah bayi berusia 6 bulan.

4. Meresepkan obat

Obat antihistamin dan hidrokortison juga dapat digunakan untuk meredakan alergi pada bayi. Pemakaian obat tersebut tentunya harus berada di bawah pengawasan dokter atau dokter spesialis anak.

Jangan lupa, bawa bayi ke dokter untuk pemeriksaan rutin setidaknya 6 kali sebelum ulang tahun pertamanya. Pemeriksaan ini dilakukan guna memantau kondisi kesehatan bayi, memastikan tumbuh kembangnya berjalan normal, dan mendeteksi masalah apa pun sejak dini, termasuk alergi pada bayi.

#babysitter
#babysitterjakarta
#babysitterbandung
#babysittersemarang
#babysittermedan
#babysitterbalikpapan
#babysitterbali
#babysittermakasar
#nanny
#nannylife
#premiumnanny
#alergianak
#jakarta
#surabaya

Referensi :

alodokter.com 

 

Categories
Tips

Trik Biar Kamar Berantakan Jadi Lebih Rapi, Begini Caranya

Kamar sering berantakan?
Aktifitas setiap hari yang padat kadang membuat sobat smart tidak sempat untuk membereskan kamar, atau mungkin rutinitas dirumah bikin kamar sering jadi berantakan

Sebuah penelitian dari Princeton University Neuroscience Institute yang membuktikan kalau kondisi lingkungan yang berantakan membuat otak kurang dapat bekerja dengan baik, lho.

Misalnya saja, konsentrasi jadi cepat buyar dan otak jadi lebih lambat dalam memproses informasi.

Termasuk juga ketika kondisi kamar berantakan. Yup, kamar berantakan bisa bikin mood kita jadi kurang bagus.

Untuk itu, penting buat kita memperhatikan kebersihan dan kerapian kamar, ya.

Nah kali ini,  trik biar kamar jadi lebih rapi dan bersih.

Yuk, langsung intip 6 tips dan trik biar kamar lebih rapi!

Bikin zona bersih

Coba perhatikan baik-baik sekeliling kamar dan lihat seberapa besar area yang kosong dengan barang?

Kalau jumlah area itu sedikit, itu tanda kamar kita terlalu banyak barang.

Kalau kamar kita kecil, mau enggak mau kita harus lebih selektif dalam mengatur barang apa saja yang ada di kamar.

Soalnya, kamar yang terlalu penuh dengan barang kurang baik untuk sirkulasi udara sehingga dapat mengganggu pernafasan.

Tipsnya, sortir barang-barang yang sudah jarang kita pakai atau malah enggak pernah lagi kita gunakan.

Kemudian simpan di gudang atau bisa kita sumbangkan ataupun sisihkan untuk garage sale. Dengan begitu, zona bersih kita di dalam kamar jadi lebih banyak.

Yup! sekecil apapun kamar kita, tetap harus memiliki zona bersih, yaitu tempat yang enggak ada barang yang diletakkan di situ. Oke?

Seringkali, ketika baru beberapa saat kita bersihkan, eh, kamar sudah berantakan lagi, ya! he-he.

Nah, biar kamar tetap rapi, kita bisa bikin ritual harian dan harus berusaha disiplin menerapkannya.

Misalnya saja, kita membiasakan diri merapikan tempat tidur sebelum berangkat ke sekolah atau letakkan tas ataupun baju kotor di tempatnya.

Kita juga bisa membuat jadwal, seperti setiap dua hari sekali kita menyapu dan mengepel lantai kamar.

Dengan membiasakan diri melakukan kebiasaan kecil itu, djamin kamar tetap rapi, bersih dan nyaman, deh.

Singkirkan barang dari tempat tidur

Yang juga enggak kalah penting biar kamar rapi dan bersih adalah menyingkirkan barang-barang yang enggak seharusnya ada di tempat tidur. 

Soalnya, kondisi tempat tidur itu penting dan sangat berpengaruh bagi kualitas tidur kita.

Jangan sampai ada buku, sisa bungkus makanan, baju kotor ataupun benda-benda lain yang enggak menunjang untuk tidur.

Oiya, jangan malas untuk mengganti sprei dan sarung bantal biar selalu bersih dan nyaman, ya.

Manfaatkan dinding ruangan

Tenang, buat kita yang punya ruangan kamar yang kecil, enggak perlu bingung. Kita bisa menambah ruang untuk barang dengan memanfaatkan dinding kamar.

Gunakan rak yang digantung atau ditempel di dinding, yang bisa kita gunakan untuk meletakkan pernak-pernik atau buku.

Tata barang yang ada di meja belajar

Kalau di kamar kita ada meja belajar, penting untuk menata barang-barang yang ada di atasnya, biar enggak berantakan, ya.

Kita bisa kelompokan berbagai pernak-pernik atau peralatan untuk digabung dalam satu wadah, biar lebih rapi.

Untuk buku yang sering kita baca sehari-hari bisa kita taruh di atas meja, tapi batasi cuma boleh maksimal 5 buku yang kita letakkan di meja. Sisanya bisa kita masukkan ke dalam lemari.

Pastikan juga ada ruang yang cukup untuk menulis, yang harus tetap kosong walaupun kita sedang enggak belajar.

Sortir baju

Yang terakhir, sortir baju juga bikin kamar tetap rapi dan bersih, lho. 

Baju yang sudah tidak kita pakai lagi tapi masih dalam kondisi baik, bisa kita sumbangkan.

Selain itu, lebih baik kalau kita punya wadah untuk meletakkan aksesori, seperti kaos kaki, pernak-pernik, belt, topi dan lainnya, secara terpisah biar lebih tertata dan lebih mudah mencarinya.

Biasakan pula untuk enggak melempar baju ke sembarang tempat. Siapkan gantungan baju untuk meletakkan baju yang sudah dipakai tapi belum ingin dicuci. Oke?

Siapa sih yang gak pengen kamar nya bersih dan rapi setiap hari? Capek juga kan tiap hari harus beresin kamar? 

Smartmaid siap kok jadi asisten pribadi sobat smart di rumah, siap bikin kamarmu bersih dan rapi setiap hari. Kamar bersih dan rapi tiap hari, bikin kamu nyaman dan semakin produktif setiap hari.

#pembanturumahtangga
#pembanturumahtanggajakarta
#pembanturumahtanggajakarta
#asistenrumahtangga
#cleaning
#kamartidur
#bersih
#rapi
#smart
#smartmaid
#maid
#jakarta
#surabaya
#rumahminimalis

Referensi : 

cewekbanget.id 

 

Categories
Tips

4 Trik Agar Anak Tidur Makin Nyenyak di Malam Hari

Si Kecil terlihat masih mengantuk di pagi hari, moms? Bisa jadi tidur malam nya nggak berkualitas alias gak nyenyak

Anak di bawah lima tahun atau balita butuh waktu tidur sekitar 11-14 jam per hari, menurut American Academy of Pediatrics. Kebanyakan balita tidur mulai pukul 19.30 atau 20.00. Anak yang tidur sebelum pukul 21.00 biasanya jarang terbangun di malam hari sehingga bisa tidur nyenyak sepanjang malam.

Lalu, usahakan bangun di jam yang sama setiap harinya. Jangan buat perbedaan waktu bangun di hari biasa dan akhir pekan, kalaupun ada perbedaan, batas toleransinya sekitar 1-1,5 jam saja

Ilustrasi anak tidur. Shutterstock

Ilustrasi anak tidur. Shutterstock

Pemenuhan waktu tidur sangat penting untuk tetap sehat secara mental dan fisik, serta mendukung tumbuh kembangnya.Pemenuhan waktu tidur sangat penting untuk tetap sehat secara mental dan fisik, serta mendukung tumbuh kembangnya. Tapi bagaimana jika ia sulit tidur nyenyak, terutama di malam hari?

Pakar nutrisi dari India, Dr. Seema Khanna, mengungkapkan sejumlah trik untuk membuat si kecil tidur nyenyak. Salah satunya adalah minum susu. Tapibanyak orang tua yang menghindari minuman ini sebelum tidur dapat memicu tekanan urin sehingga anak mengompol. Kadang-kadang, minum sebelum tidur juga bikin anak bersendawa, bahkan muntah.

Dikutip dari The Indian Express, Dr. Seema punya tiga trik lain untuk membuat anak tidur nyenyak di malam hari.

1. Biarkan anak aktif sepanjang hari

Biarkan anak Anda melatih pikiran dan tubuhnya di siang hari dengan beragam aktivitas. Ini akan membuat ia kelelahan dan siap tidur di waktu yang seharusnya.

2. Jaga rutinitas waktu tidur rutin

Ciptakan rutinitas tidur, yaitu mandi, buku, dan tempat tidur. Untuk pilihan buku, pilih yang tidak menakutkan agar tidak membuat anak bermimpi buruk. Ikuti rutinitas itu setiap kali si kecil akan tidur. Anda juga bisa bereksperimen sesekali dengan beberapa aktivitas lain seperti menyanyi atau cerita tambahan, tetapi jangan terlalu mengubah rutinitas dasar. Sebab, semakin banyak aktivitas tambahannya, semakin sulit mata si kecil tertutup. Jaga rutinitas itu. Jika anak terbiasa tidur pukul 19.30, tetap pertahankan. Usahakan rutinitas tidur hanya berlangsung sekitar 15 menit setiap hari, sebelum akhirnya anak menutup mata.

3. Bijak memilih makanan ringan sebelum tidur

Sebagain orang memiliki kebiasaan nyamil sebelum tidur. Anda harus bijak memilih camilannya, hindari yang mengandung gula. Camilan atau minuman manis di waktu-waktu sebelum tidur dapat meningkatkan kadar gula, dan gula membuat anak-anak aktif. Lebih baik memilih segelas kecil susu tawar atau biskuit polos dan keju. Tapi setelah nyamil, jangan lupa menggosok gigi.

4. Hindari layar

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar semua layar, baik televisi, komputer, tablet, smartphone, dimatikan setidaknya 30 menit sebelum waktu tidur. Jauhkan benda-benda itu dari kamar si kecil. Dan, jika si kecil punya kebiasaan menonton di sing hari, pastikan  tontonan itu sesuai usia dan tidak menakutkan agar tidak menimbulkan mimpi buruk.

Butuh partner yang bisa bikin Si Kecil tidur nyenyak di malam hari? 
Premium Nanny
jawabanya, moms.

Pengasuh Anak berpengalaman dan melalui proses screening ketat serta pelatihan pengasuhan anak secara intensif bersertifikat. Urusan merawat dan menjaga anak serahkan aja ke ahlinya ⬇️ Premium Nanny

Si Kecil tidur nyenyak di malam hari, bangun pagi segar dan ceria jalani aktifitas sepanjang hari 😊

.
.
#babysittersurabaya
#babysitter
#babysitterjakarta
#nanny
#premiumnanny
#jakarta
#surabaya
#pengasuhanak
#child
#sleeping
#premium_nanny

 Sumber :
https://gaya.tempo.co/read/1173953/4-trik-agar-anak-tidur-nyenyak-di-malam-hari/full&view=ok 
Categories
Tips

4 Cara Menyikat Gigi Bayi Tanpa Bikin Menangis

Melihat gigi pertama si kecil muncul adalah momen yang menggemaskan. Namun untuk membuat bayi mau disikat giginya memang hal yang susah susah gampang dilakukan, moms. Bagaimana ya caranya agar si kecil tetap nyaman saat disikat gigi???

Terkadang Perawatan gigi pada bayi sering diabadikan para Orang Tua. Padahal merawat gigi bayi perlu dilakukan sejak tumbuh pertama kali.

Hal itu dapat mencegah gigi bayi jadi rusak akibat sisa susu di dalam mulutnya. Menyikat gigi bayi juga akan membuat  paham kapan periode anak tumbuh gigi nih.

Saat bayi tumbuh gigi, Moms harus lebih sabar dibanding biasanya. Nyeri pada gusi akan membuat bayi rewel dan mogok makan.

Buat suasana mandi jadi menyenangkan agar mereka tidak merasa aktivitas sikat gigi jadi menakutkan. Misalnya dengan memberikan mainan atau benda-benda aman untuk mereka mainkan. Moms  bisa juga sambil menyanyikan lagu dan mengungkapkan rasa sayang ke anak.

Pada bayi di bawah satu tahun, gunakan sikat gigi karet lembut. Sikat ini juga berfungsi untuk membersihkan bagian lidahnya. Sehingga, napas bayi tetap fresh, Moms.

Melansir dari Rising Children, untuk mencegah kerusakan gigi bayi, pastikan untuk tidak terlalu banyak memberikan makanan dan minuman yang mengandung gula. Hal penting lainnya, usahakan agar tidak membuat bayi tidur dalam posisi minum susu dari botol.

Moms juga sebaiknya telaten menyikat gigi mereka dua kali sehari. Jika bayi tidak suka ada sikat gigi di dalam mulutnya, gunakan kain kasa untuk membersihkan bagian depan dan belakang masing-masing giginya.

Banyak orangtua yang mengeluh sulit menyikat gigi bayinya. Nah, simak yuk beberapa saran di bawah ini agar lebih mudah merawat gigi bayi.

1. Posisikan bayi menghadap Moms, agar lebih gampang melihat mulutnya. Hal itu juga akan membuat bayi merasa aman. Bunda bisa duduk di tempat tidur atau lantai, dan baringkan bayi sampai kepala mereka ada di pangkuan Moms.


2. Rapatkan dagu bayi ke tangan. Sedangkan posisi kepalanya bersandar di tubuh Moms.

3. Buka bibir bayi dan angkat ke atas untuk membersihkan giginya. Putar sikat dengan gerakan melingkar lembut secara berulang-ulang.

4. Pastikan Moms menyikat bagian depan dan belakang setiap gigi, dan juga garis gusi.

Butuh partner terbaik untuk merawat Si Kecil ?

Eits, gak perlu bingung moms…ada Premium Nanny, partner andalan Moms merawat Si Kecil. Dengan Premium Nanny momen menyikat gigi bisa menjadi menyenangkan  dan riang gembira dengan memainkan mainan mainan yang mencuri perhatian si kecil ☺️

Jadi, momen menyikat gigi si kecil gak perlu membuatnya menangis lagi kan?😉
Premium Nanny,

Partner Kepercayaan Keluarga Modern Indonesia

#babysitter
#pengasuhananak
#nanny
#nannylife
#babysittersurabaya
#babysitterjakarta
#gigi
#gosokgigi
#child
#baby
#jakarta
#surabaya
#valtheconsultant

 

 

Categories
Tips

5 Rahasia Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

Orangtua mana yang tidak ingin buah hati kesayangannya tumbuh bahagia? 
 
Moms tentu merupakan satu diantaranya bukan? Dalam segala hal para orangtua akan selalu memastikan anaknya mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Namun tahukah Anda bahwa kebahagiaan anak tak hanya terletak pada apa saja yang diminta oleh anak.

Edward Hallowell, seorang psikiater and penulis buku The Childhood Roots of Adult Happiness, over-indulged children mengatakan bahwa memanjakan anak dengan selalu memberikannya mainan dan apa saja yang dinginkannya atau menuruti keinginan anak agar tidak cengeng bukanlah langkah tepat dan mendidik. 

Hal tersebut hanya akan membuat si kecil  tumbuh tidak normal sehingga pada saat remaja ia cenderung mempunyai tabiat yang jelek seperti cuek, merendahkan orang lain, dan tidak ceria.

Edward menjelaskan bahwa indikator terbaik untuk mengetahui apakah anak tumbuh dengan bahagia adalah dengan bertanya apakah semua kebutuhan anak untuk mendukung perkembangan jiwa dan mental mereka sudah terpenuhi? Jika belum terpenuhi berarti Anda sebagai orang tua belumlah memberikan kebahagiaan seutuhnya.

Perkembangan mental dan jiwa anak harus lah diutamakan oleh setiap orang tua karena hal ini mempunyai tujuan untuk memberikan nilai-nilai hidup yang akan berguna bagi si anak untuk bersosialisasi ketika beranjak remaja. Ketika orang tua hanya memenuhi kebutuhan materi anak saja, hal ini akan jadi boomerang yang malah menjerumuskan anak menjadi manja ketika beranjak dewasa nantinya.

Dalam mendidik anak setiap orang tua tentu mempunyai cara sendiri sendiri. Namun untuk hasil yang maksimal para ahli menyarankan agar orang tua mampu membesarkan anak mereka dalam lingkungan yang tidak terlalu kaku dan penuh kesabaran. Sehingga anak dapat berkembang secara normal, tak ada tekanan, serta dapat bertumbuh dengan menerapkan sikap bijak dalam di hidupnya.

Menurut Edward, mengenali apa yang tengah dirasakan anak cukup mudah. Bunda pun sebenarnya mampu membaca apa yang tengah si kecil rasakan. Bunda dapat memperhatikan tingkah dan perilaku sang buah hati. Bila si kecil terlihat selalu tertawa, senang bermain, dan bersosialisasi dengan anak lainnya, maka anak Anda tengah bahagia dengan keadaan dirinya.

anak bahagia

Namun, bila si kecil memperlihatkan tingkah dan perilaku yang sebaliknya, muram, menarik diri dari lingkungan sekitar, bisa jadi dia sedang berada dalam kesedihan dan membutuhkan dukungan moril Anda. Berikanlah perhatian yang lebih pada anak Anda dan segeralah lakukan pendekatan agar apa yang mereka rasakan bisa Anda ketahui.  

Paul C. Holinger, profesor psikologi di Rush-Presbyterian-St. Luke’s Medical Center di Chicago mengatakan bahwa hal-hal tersirat yang sering digunakan oleh anak ketika mengungkapkan perasaan mereka ada beberapa hal. Kesenangan dan ketertarikan merupakan sinyal positif yang digunakan anak ketika merasa bahagia pada keadaan dirinya.

Sedangkan rasa kesakitan, kemarahan, dan ketakutan adalah tanda negatif yang ditunjukan anak ketika merasa sedih. Kebanyakan anak akan mulai marah jika merasakan sedih yang mendalam.

Perasaan sedih pada anak seperti ini terkadang kurang dapat dipahami oleh para orang tua. Ketika si kecil memukul kakaknya sambil berteriak “aku benci kamu,” hal ini sebenarnya memperlihatkan bahwa ia merasa cukup menderita dengan tingkah kakaknya.

Dalam mengutarakan perasaan tiap anak memiliki cara masing-masing dan sebagai orang tua, Moms wajib mengenali hal ini agar dapat mengontrol serta membimbing anak Anda untuk menjadi pribadi yang bijak dan lebih baik lagi.

Kesibukan bikin moms tidak bisa berada disamping si kecil selama 24 jam? Perlu partner ang berpengalaman dan handal untuk merawat si kecil? 

Premium Nanny Jawabannya, pengasuh anak untuk keluarga modern. Melalului proses seleksi ketat dan pelatihan kompetensi intensif, premium nanny hadir dengan kualitas yang nyata.

Gak perlu bingung lagi cari partner yang handal dan bisa dipercaya untuk si kecil, Premium Nanny pengasuh anak kepercayaan keluarga Indonesia.

Sumber : https://www.ibupedia.com/infografis/rahasia-mendidik-anak-agar-tumbuh-bahagia

#babysitter
#babysittersurabaya
#babysitterjakarta
#jakarta
#surabaya
#nanny
#nannylife
#pengasuhanak
#premiumnanny
#premiumnannyindonesia

Categories
Info Tips

5 Peralatan kebersihan yang harus ada di rumah

5 Peralatan kebersihan yang harus ada di rumah

Siapa yang tak ingin memiliki rumah yang bersih dan rapi?Rumah yang bersih dan rapi adalah idaman setiap orang. Namun, tahukah Anda, untuk mendapatkan rumah yang bersih, Anda hanya perlu lima alat untuk membersihkan rumah yang wajib dimiliki? Anda mungkin sudah memahami cara membersihkan rumah.

Untuk menjaga rumah tetap bersih dan rapi, tentunya sobat smart perlu peralatan peralatan yang mendukung. Dan pastinya tidak asal mencampur penggunaan berbagai alat bersih bersih yang ada rumah, yang ada
malah tambah kotor nantinya

Kenali 5 peralatan kebersihan yang harus ada di rumah:

1. Lap atau Microfiber

alat kebersihan rumah lapLap adalah alat yang sangat wajib dimiliki untuk membersihkan rumah, namun ada baiknya setiap lap dibedakan kegunaannya. Misalnya lap untuk membersihkan perabot dari debu, untuk membersihkan jendela, lap piring, atau lap pel lantai. Lap harus juga dijaga kebersihannya setelah menggunakan untuk membersihkan perabot rumah tangga.

Lantas, apa itu kain lap microfiber? Kain microfiber merupakan alat untuk membersihkan rumah yang memiliki fungsi yang sama dengan lap biasa. Namun kain microfiber jauh lebih lembut sekaligus tebal. Keunggulannya kain ini bisa menyerap dan cepat kering daripada lap pembersih biasa. Kain microfiber ini unggul dalam menarik dan menjebak partikel debu sehingga mereka tidak pindah ke tempat lain.

2. Spons

alat kebersihan rumah sponsAda beragam macam dan jenis spons yang tersedia di pasaran. Ada spons selulosa yang memiliki daya serap yang baik dan tahan lama. Tidak hanya digunakan sebagai spons cuci piring, spons selulosa juga dapat digunakan di kamar mandi. Berikutnya ada spons abrasif yang terbuat dari bahan yang kasar. Spons jenis ini baik untuk membersihkan panci, wajan atau alat pemanggang yang memiliki sisa-sisa kotoran bekas memasak.

Kemudian ada spons biasa yang teksturnya cukup lembut dan sangat menyerap air, biasa digunakan sebagai alat untuk membersihkan kaca jendela, kaca mobil atau perabot-perabot rumah tangga lainnya. Sedangkan spons nylon, digunakan pada permukaan yang tidak dapat menahan gosokan kasar dan tidak memerlukan pembersihan besar seperti peralatan yang dilapisi teflon. Namun sama seperti lap, Anda harus memiliki beberapa spons pembersih bagi rumah Anda. Bedakan mana spons yang untuk mencuci piring, mencuci jendela rumah dan perabot-perabot lainnya.

3. Sikat

alat kebersihan rumah sikatBiasanya, sikat kasar digunakan sebagai alat untuk membersihkan lantai, kloset atau dinding kamar mandi. Coba perhatikan pada lantai atau dinding kamar mandi Anda. Jika ada kotoran atau lumut yang menempel, gunakanlah sikat untuk menghilangkannya. Sikat biasanya digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang susah diangkat. Sikat cocok digunakan untuk yang berbahan tidak mudah lecet atau tidak masalah jika kena gores sekalipun. Misalnya seperti keramik lantai atau dinding pada kamar mandi.

4. Sapu, pel dan pengki

alat kebersihan rumah pelTrio pembersih ini nampaknya adalah sudah tidak asing lagi untuk bersih-bersih rumah. Fungsinya ketiga alat ini adalah membersihkan lantai rumah Anda. Untuk jenis sapu, ada yang terbuat dari plastik, nylon ijuk kelapa dan bulu binatang. Untuk menyapu lantai bagian dalam rumah atau kamar, sebaiknya menggunakan sapu yang berbahan ijuk. Sedangkan sapu yang berbahan nylon digunakan untuk menyapu halaman atau teras luar rumah. Sebaiknya biasakan untuk menyapu dahulu dan menaruh kotoran-kotoran dalam pengki dan barulah mulai mengepel. Untuk lebih mudah, gunakan pel yang memiliki tongkat atau gagang. Sertakan juga pewangi atau pembersih lantai ke dalam ember yang berisi air untuk mengepel.

5. Cairan Pembersih

alat kebersihan rumah cairan pembersih Ada begitu banyak cairan pembersih kimia yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah. Ada pembersih lantai, pembersih kaca jendela, pembersih meja makan dan lain-lain. Biasanya pembersih kimia ini berbentuk cairan atau spray. Cara menggunakannya hanya cukup menyemprotkannya ke perabotan atau meja makan, kemudian bisa diseka dengan menggunakan lap bersih khusus perabot. Untuk pembersih lantai, ada yang untuk pewangi dan pembersih lantai seperti karbol. Ini yang akan membuat lantai rumah Anda menjadi bersih dan wangi.

Kini Anda telah mengetahui lima alat untuk membersihkan rumah, maka Anda tak perlu bingung lagi jika ingin membersihkan rumah.

Mau rumah bersih tanpa capek capek bersihin tiap hari? 🙋

Smartmaid aja,
urusan bersih bersih  hingga bagian bagian pojok rumah sekalipun sudah menjadi keahliannya. Tak hanya handal dalam urusan bersih bersih, smartmaid juga siap masakin apa aja menu favorit kamu dirumah, jadi gak perlu jajan keluar lagi, happy kan 😄

Cari Pembantu yang bisa segalanya??? 😎 ada Smartmaid, urusan rumah beres semuanya
Smarmaid…

#pembanturumahtanggasurabaya
#pembanturumahtanggajakarta
#pembanturumahtangga
#cleaning
#cleaningservice
#maid
#smartmaid
#jakarta

#surabaya
#valtheconsultant  

Sumber Artikel : https://www.ruparupa.com/blog/5-alat-untuk-membersihkan-rumah/ 

 

 
Categories
Info Tips

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak

Sebagai Orang tua kesehatan mental anak berupakan hal yang penting,
 
World Health Organization (WHO) menyebutkan, bahwa 10-20 persen dari anak-anak dan remaja di seluruh dunia mengalami gangguan kesehatan mental.
 
Sebagai orang tua, Moms juga harus memahami kesehatan mental anak bisa mengalami gangguan jika tidak dijaga dengan baik.
 

World Health Organization (WHO) menyebutkan, bahwa 10-20 persen dari anak-anak dan remaja di seluruh dunia mengalami gangguan kesehatan mental. Setengah gangguan mental dimulai sejak usia 14 tahun.

Jika tidak segera ditangani, maka kondisi ini memengaruhi perkembangan anak, pendidikan mereka, dan potensi untuk menjalani kehidupan yang produktif.

Gangguan kesehatan mental yang dapat menyerang anak di antaranya adalah depresi, ADHD, gangguan makan, dan gangguan kecemasan.

Namun sayangnya, banyak anak dengan gangguan mental tersebut yang tidak segera ditangani sehingga dapat bertambah parah.

Hambatan Penanganan Kesehatan Mental Anak

kesehatan mental anak

Dr. Victor Fornari, psikiatri anak dan remaja di rumah sakit Zucker Hillside, New York, mengungkapkan ada beberapa faktor yang menghambat perawatan anak dengan gangguan kesehatan mental.

“Umumnya karena orang tua tidak ingin melakukan diagnosis kepada anak mereka. Mereka juga sering tidak mengakui bahwa anaknya mengalami gangguan mental karena berpikir usia anak masih terlalu muda. Selain itu, kurangnya perawatan kesehatan dan profesional kesehatan mental juga dapat menjadi faktor penghambatnya,” ujar Dr. Victor.

Risiko terkena gangguan kesehatan mental ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak kita, Moms. Jadi, sebaiknya cegah gangguan mental pada anak dengan cara-cara yang tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak

5 Cara Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak

Centers for Disease Control and Prevention memperkirakan setidaknya 1 dari 5 anak mengalami gangguan mental.

Meskipun tidak semua gangguan mental dapat dicegah, namun ada upaya berikut untuk membantu menjaga kesehatan mental anak agar tetap sehat, yaitu:

1. Utamakan Kesehatan Mental Orang Tua

Hal ini penting dan terutama untuk dilakukan. Orang tua dengan kesehatan mental yang baik tentunya akan memiliki anak dengan kondisi yang serupa.

Untuk itu, Moms harus menjaga kesehatan mental dengan baik dan menciptakan lingkungan yang baik serta sehat untuk anak di rumah.

Orang tua dengan kondisi mental yang baik juga mampu mendidik anak dengan lebih disiplin dan hubungan dengan pasangan juga harmonis. Hal ini berdampak baik bagi kondisi psikis anak.

2. Pentingnya Hubungan Kepercayaan

Hubungan anak dengan orang tua harus dibangun dari rasa kepercayaan dan perasaan aman serta nyaman. Hal ini dilakukan agar anak merasa yakin bahwa orang tuanya dapat memenuhi kebutuhan fisik dan emosionalnya.

Jika Moms berjanji suatu hal pada anak, pastikan Moms akan menepati janji tersebut. Kebohongan dapat membuat anak tidak percaya kepada orang tuanya.

3. Membangun Gaya Hidup yang Sehat

Orang tua sebaiknya membangun gaya hidup yang sehat di keluarganya, seperti pola makan sehat, tidur yang cukup, ajarkan kebiasaan berolahraga.

Semuanya itu baik untuk kesehatan fisik, yang nantinya juga berpengaruh pada kondisi kesehatan mental anak.

4. Ajarkan untuk Mengembangkan Kemampuan Diri

Ajarkan anak untuk mengembangkan kemampuan diri agar ia tumbuh menjadi seseorang yang percaya diri. Hal ini bisa menjauhkan anak dari gangguan kesehatan mental.

Ada banyak hal yang Moms bisa lakukan seperti memberikan pujian yang tulus pada anak, mendorong anak untuk punya keterampilan yang baru, dan ajarkan anak untuk mandiri.

5. Bermain Bersama Anak

Luangkan waktu untuk bermain dengan anak. Sebenarnya bukan saja anak, namun orang dewasa, termasuk Moms, memerlukan waktu untuk bermain.

Coba untuk mengesampingkan semua pekerjaan, dan berfokus kepada anak. Tunjukkan pada anak bahwa orang tuanya mau memberikan waktunya untuk mereka.

Itulah hal yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan mental anak. Jikalau pun anak memiliki gejala gangguan pada mentalnya, tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemeriksaan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

 
Categories
Info Tips

5 Fakta Seputar Larangan Mudik 2021

5 Fakta Seputar Larangan Mudik 2021

Bulan Ramadan baru dimulai beberapa hari. Namun masyarakat Indonesia sejak jauh-jauh hari sudah dilarang mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini.

Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap menjelang Lebaran. Kegiatan ini hampir seperti menjadi kewajiban, khususnya bagi para perantau yang ada di kota-kota besar.

Lantas bagaimana sebenarnya larangan mudik ini? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui seputar larangan mudik 2021. 

1. Larangan mudik mulai 6 sampai 17 Mei dan berlaku bagi seluruh masyarakat

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan persnya menyatakan, pemerintah telah resmi menetapkan aturan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Keputusan ini dibuat berdasarkan arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan hasil koordinasi rapat tingkat menteri pada Maret lalu. Larangan mudik berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Larangan mudik ini berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri.

2. Sama seperti tahun sebelumnya, larangan mudik demi menekan meluasnya penyebaran COVID-19
5 Fakta Larangan Mudik Lebaran 2021, Sanksi Tegas MenantiMenyusul larangan mudik, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik ataupun melakukan kegiatan keluar daerah, baik sebelum maupun sesudah tanggal pemberlakuan larangan mudik, kecuali bagi keadaan yang mendesak.

Larangan mudik jelang Idul Fitri sebenarnya bukan hanya tahun ini diberlakukan. Tahun lalu, saat angka persebaran kasus positif COVID-19 di Indonesia sedang tinggi, pemerintah juga mengeluarkan larangan mudik, khususnya di wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kala itu.

Pemerintah melarang mudik untuk menekan angka penyebaran kasus COVID-19 yang masih tinggi dan masih membahayakan Indonesia.

Presiden Jokowi pada Jumat (16/4/2021) mengatakan, pengalaman tahun lalu terjadi tren kenaikan kasus setelah empat kali libur panjang, termasuk libur Lebaran.

Pada libur Idul Fitri 2020 lalu, pemerintah mencatat terjadi kenaikan kasus harian hingga 93 persen dan kasus kematian mingguan sampai 66 persen.

“Kenaikan kasus COVID-19 yang kedua, terjadi saat libur panjang pada 20 sampai 23 Agustus 2020, di mana mengakibatkan kenaikan hingga 119 persen dan tingkat kematian mingguan melonjak sampai 57 persen,” ujar Jokowi.

3. Sanksi tegas menanti para ASN dan keluarganya jika nekat mudik

5 Fakta Larangan Mudik Lebaran 2021, Sanksi Tegas MenantiIlustrasi mudik menggunakan kapal (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meminta para ASN agar mampu menjadi contoh yang baik, dalam mematuhi larangan mudik bagi masyarakat Indonesia.

Tak hanya berlaku bagi para ASN, pihak keluarga dari ASN pun diminta untuk turut andil dalam menyukseskan upaya pemerintah menekan persebaran COVID-19 melalui larangan mudik Lebaran tahun ini.

Tjahjo juga mengingatkan agar pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk memberikan sanksi tegas bagi ASN dan keluarganya yang memaksakan diri untuk mudik.

4. Pemudik justru berangkat lebih awal, didukung oleh kebijakan WFH
5 Fakta Larangan Mudik Lebaran 2021, Sanksi Tegas MenantiIDN Times/Imam Rosidin

Aturan larangan mudik yang telah resmi ditetapkan pemerintah nyatanya tak membuat masyarakat Indonesia kehabisan akal.

Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena mudik lebih awal, yakni sebelum 6 Mei. Ditambah lagi, sebagian pekerja yang mendapat kesempatan untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH), sehingga semakin memungkinkan untuk mudik Lebaran dari jauh-jauh hari.

Meski khawatir, mayoritas masyarakat yang memutuskan mudik lebih awal mengaku nekat pulang kampung lantaran telah bertahun-tahun tak berjumpa dengan keluarga di kampung halaman.

5. Pemerintah dinilai tak konsisten dalam memaksimalkan larangan mudik
5 Fakta Larangan Mudik Lebaran 2021, Sanksi Tegas MenantiSejumlah warga bermain air di Pantai Akkarena, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (30/10/2020). Destinasi wisata Pantai Akkarena yang menawarkan keindahan pantai dan matahari terbenam (sunset) tersebut ramai dikunjungi wisatawan saat libur nasional dan cuti bersama. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Nyatanya, meski larangan mudik telah ditetapkan, pemerintah justru tetap mengizinkan tempat wisata beroperasi di musim libur Lebaran 2021. Hal ini mendapat kecaman dari beberapa pihak, salah satunya anggota Komisi IX Fraksi PKS DPR, Netty Prasetiyani Aher.

Netty menilai aneh kalau masyarakat dilarang mudik, tetapi tempat wisata tetap dibuka. Sebab, masyarakat yang tidak mudik sudah pasti akan memenuhi tempat-tempat wisata yang beroperasi. Padahal, perseberan COVID-19 pun juga pasti akan tinggi bila tempat wisata dipenuhi pengunjung.

Lebih lanjut, pembukaan tempat wisata dinilai berbahaya, sebab belum tentu seluruh pihak pengelola tempat wisata mampu menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar kepada seluruh pengunjung.

Daripada Bingung Mudik …nggak… mudik …nggak Manfaatkan waktumu untuk tambah penghasilanmu

Cuss…bagi kalian (wanita) yang butuh banget kerja, untuk mendapatkan penghasilan,
 
Val The Consultant membuka kesempatan untuk bergabung dan bisa bekerja pada bidang pekerjaan rumah tangga.
Dan untuk gaji nya udah pasti yang terbaik,
 
So, Tunggu apalagi, daripada nganggur dirumah gak ada pemasukan???, daftar kerja aja di val the consultant Gratis dan tanpa potongan gaji. Tingkatkan kesejahteraan ekonomi bersama ValTheConsultant, Agensi Pekerja No1 di Indonesia. 
 
Categories
Info Tips

4 Skill Dasar yang Harus dimiliki Babysitter

4 Skill Dasar yang harus dimiliki babysitter Masa Kini

Menjalani Profesi sebagai Babysitter Profesional bukanlah hal mudah. Selain kemampuan merawat serta menjaga anak, banyak juga skill khusus yang menyertainya.
Dan pada bidang profesi babysitter pengalaman dan skill (keahlian) berpengaruh pada besaran gaji yang didapat.

Seorang babysitter yang baik tentunya memiliki kesukaan dengan dunia anak, menikmati kegiatan memomong bayi, serta mampu berkomunikasi dengan baik. Benarkah hanya itu saja? Setidaknya ada 4 skill dasar yang harus dimiliki seorang babysitter agar ia menjadi seorang pengasuh anak yang ideal. Apa saja 4 skill dasar babysitter tersebut? Ini dia, Moms.

1. Kemampuan Bernegosiasi

Moms, ini bukan kemampuan bernegosiasi mengenai angka dengan Moms, namun kemampuan bernegosiasi dengan si kecil. Bayi mudah saja diatur menuruti babysitter-nya. Namun jika yang diasuh adalah anak yang sudah berusia lebih dari satu tahun, maka sikap memberontaknya sudah mulai muncul. Di sinilah diperlukan kemampuan bernegosiasi dari babysitter terhadap si kecil agar mau makan, mau mandi, mau tidur siang, dan sebagainya. Dan perlu dicatat, bernegosiasi di sini sama sekali tidak melibatkan kekerasan ya, Moms.

Sumber foto : source: https://www.rd.com/wp-content/uploads/2016/12/07-Ways-to-Find-a-Babysitter-You-Trust_picky_510699204_KatarzynaBialasiewicz.jpg

2. Kreatif

Anak kecil mudah sekali bosan. Dan jika rasa bosannya sudah datang, maka ia akan rewel. Babysitter yang ideal akan memiliki sifat kreatif, di mana ia tak mudah kehabisan ide untuk mengasuh si kecil dengan berbagai cara yang menyenangkan. Tentu saja kreatif di sini maksudnya kreatif yang baik ya, Moms. Tidak tercampur dengan kreatif yang tidak mendidik seperti mengajari si kecil berbuat curang, dan sebagainya.

3. Menangani Masalah

Tentu Moms yang akan pusing jika sebentar-sebentar sang babysitter menghubungi Moms untuk bertanya akan apa yang harus ia lakukan. Permasalahan akan selalu ada saat mengasuh anak kecil. Dari mulai popoknya yang habis, tidak mau makan, menangis tanpa henti, berkelahi dengan saudaranya, dicakar kucing peliharaan di rumah, dan sebagainya. Akan menyenangkan sekali jika babysitter yang mengasuh si kecil tahu betul apa yang harus dilakukan untuk menangani segala permasalahan tersebut.

Sumber Foto : source: https://blog.urbansitter.com/wp-content/uploads/2012/05/istock_000008977521medium.jpg

4. Manajemen Waktu

Pekerjaan babysitter bukan hanya duduk diam mengawasi anak kecil bermain. Namun, pekerjaan ini juga datang sepaket dengan menyiapkan makan si kecil, memberikan camilan, mengatur berapa lama menonton televisi, jam berapa harus meninabobokan si kecil untuk tidur siang, dan sebagainya. Jika seorang babysitter tidak disiplin dan payah dalam manajemen waktu, maka pekerjaannya juga tak akan sempurna.

Buat para babysitter yang udah berpengalaman dan gaji segitu gitu aja, gak perlu bersedih. Premium Nanny membuka kesempatan untuk babysitter berpengalaman yang ingin gaji tinggi, dengan syarat mengikuti training pendidikan untuk meningkatkan keahlian baby sitter.
 
Babysitter mana yang gak mau gaji 5-7 Juta/perbulan ?
Yuk Cus aja daftar Premium Nanny dan hubungi
Official Premium Nanny : 0813 3072 9959
Sumber Referensi Artikel : https://mommyasia.id/3563/article/sudahkah-babysitter-si-kecil-memiliki-4-skill-dasar-ini