Sejarah Kenaikan Isa Almasih dan Perayaannya di Indonesia

Kenaikan Isa Almasih, salah satu peristiwa penting dalam agama Kristen, diperingati oleh umatnya setiap tahun. Peristiwa ini menandai momen ketika Yesus mengajarkan kepada para muridnya untuk tidak terpaku pada kehadiran fisik-Nya, melainkan untuk mulai menyebarkan Kabar Baik ke seluruh dunia.

Di Indonesia, Hari Kenaikan Isa Almasih diakui sebagai hari libur nasional dan akan jatuh pada tanggal 18 Mei 2023. Berikut adalah sejarah perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih:

Sejarah Perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih

Menurut Ensiklopedia Britannica, Kenaikan Isa Almasih merupakan peristiwa di mana Yesus Kristus naik ke langit dan menghilang dari pandangan para murid-Nya setelah tertutup awan.

Makna kenaikan ini bagi umat Kristiani berasal dari keyakinan mereka akan pemuliaan dan peninggian Yesus setelah kematian dan kebangkitannya, serta dari peristiwa kembalinya Dia kepada Allah Bapa. Dalam Injil Yohanes, peristiwa Kenaikan tersebut tidak hanya sekadar perpindahan fisik Yesus dari bumi ke surga, tetapi juga merupakan peristiwa sakral yang menunjukkan kesatuan Yesus dengan Allah Bapa.

Alkitab tidak secara jelas menyebut peristiwa ini, namun mencatatnya secara eksplisit. Markus 16:19 menyatakan, “Sesudah Tuhan Yesus menyampaikan pesan-pesan terakhir kepada murid-murid-Nya, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.”

Kenaikan Isa Almasih juga ditegaskan secara eksplisit dalam Lukas 24:50-52, “Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.”

Peristiwa ini terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus pada Hari Paskah, dan juga menjadi bagian dari perayaan turunnya Roh Kudus pada Hari Pentakosta. Secara tradisional, Hari Kenaikan dirayakan pada hari Kamis, hari ke-40 setelah Paskah, namun ada beberapa denominasi Kristen yang memindahkan perayaan tersebut ke hari Minggu berikutnya.

Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Indonesia

Menurut laman resmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus, hari raya Kenaikan Isa Almasih dirayakan secara luas oleh umat Kristiani di seluruh Indonesia. Namun, skala perayaan tersebut bervariasi di setiap kota tergantung pada jumlah populasi umat Kristiani di sana.

Umat Kristiani di Indonesia juga sering merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih seperti di Eropa. Dalam perayaan ini, tidak ada penyebutan khusus.

Umumnya, umat Kristen menyebutnya sebagai Kenaikan Yesus Kristus. Namun dalam beberapa kasus, Kenaikan Isa Almasih juga disebut sebagai Kamis Kenaikan, Kamis Kudus, atau Hari Kenaikan.

Demikianlah sejarah peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih yang menjadi momen penting bagi kehidupan iman umat Kristiani. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Scroll to Top