Categories
Info

Memilih Pembantu Rumah Tangga di Masa Pandemi

Memilih Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Masa Pandemi seperti saat ini tidak mudah. Pastinya aspek kesehatan haruslah diperhatikan. Keberadaan Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Era Modern seperti saat ini sangatlah penting. Pembantu Rumah Tangga (PRT )Bukan hanya sekedar membantu Moms dirumah juga sebagai partner dalam mengurus rumah. Keberadaan Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Era Modern seperti saat ini sangatlah penting. Pembantu Rumah Tangga (PRT )Bukan hanya sekedar membantu Moms dirumah juga sebagai partner dalam mengurus rumah. Pembantu Rumah Tangga (PRT )Bukan hanya sekedar membantu Moms dirumah juga sebagai partner dalam mengurus rumah. Keberadaan Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Era Modern seperti saat ini sangatlah penting. Bukan hanya sekedar membantu Moms dirumah juga sebagai partner dalam mengurus rumah. Memiliki PRT yang sesuai dan pas untuk keluarga tidaklah mudah. Apalagi dimasa pandemi Covid19 seperti saat ini. Memasukkan PRT yang salah bisa mengancam dan membahayakan anggota rumah. Jangan sampai membawa pembantu yang malah meningkatkan resiko terpapar virus covid19 dan juga tidak sedikit kasus pembantu mengambil barang milik majikannya. Moms tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? 

Saat pandemi seperti sekarang pasti semua orang mengurangi interaksi nya.  Jikalau moms memiliki kesibukan yang padat dan sedang #dirumahsaja tidak ada waktu untuk mencari dan menyeleksi pembantu, bisa mencari melalui yayasan penyalur tenaga kerja. Piih yayasan resmi yang memiliki izin dan bisa memilih, menyeleksi dan mengantar pembantu secara online dan aman. Salah satu rekomendasinya adalah nya Val The Consultant. Selain berpengalaman yayasan ini juga memiliki kredibilitas yang bagus dalam menyeleksi pekerja dan melayani customer. Saat moms memutuskan mengambil pembantu melalui yayasan, perhatikan hal ini sebelum membawa si mbak kerumah :

1. Pastikan Bebas dari Covid19

Pilih yayasan/penyalur tenaga kerja yang melakukan pengetesan covid kepada pekerja. Dan ada bukti medis pembantu yang diambil bebas dari covid19.

2. Lakukan Wawancara Online

Ini adalah tahap penting yang harus dilakukan. Pertama kali, Mama bisa melakukan obervasi terhadap penampilan calon PRT. Amati apakah dia terlihat bersih dan merawat diri dengan baik. Lihat dari caranya berpakaian, menyisir, termasuk berdandan. Mama juga boleh melontarkan pertanyaan seputar higienitas. Misal, tanyakan cara menyiapkan makanan setelah dimasak, atau cara membersihkan piring dan gelas bekas pakai.

3. Amati Cara Berbicara dan Isi Pembicaraannya

Jangan langsung percaya begitu saja pada apa yang dikatakan calon PRT. Bisa saja ia mengaku suka pada anak-anak, padahal raut wajahnya ketika diminta berinteraksi dengan si kecil, ia terlihat ogah-ogahan. Perhatikan juga jawaban yang ia berikan. Jawaban yang terlalu tegas (atau justru jawaban yang hanya sekadarnya saja), biasanya memberi pertanda yang kurang baik.

4. Cari Tahu Seputar Pengalaman Kerjanya

Tanyakan sudah berapa lama ia menekuni profesi ini? Pernahkah mendapatkan pelatihan atau tidak? Atau, tanyakan juga mengapa ia berhenti dari pekerjaannya yang terdahulu.

5. Melakukan Role Play

Coba lakukan penjajakan dengan memintanya berinteraksi dengan si kecil. Amati bagaimana cara ia berkomunikasi dengan anak, termasuk tutur kata yang digunakan saat berbicara dengan anak. Jangan lupa perhatikan juga bagaimana si kecil berinteraksi dengannya.

6. Amati Bahasa Tubuhnya

Ajukan lebih banyak pertanyaan dan jangan mudah percaya bila calon PRT menolak untuk melakukan kontak mata, terlihat ragu-ragu, dan tak langsung menjawab pertanyaan, atau melakukan gerakan tangan dan mulut yang berlebihan.

Nah, setelah berhasil mendapatkan PRT yang cocok, Mama tentu tak ingin dia hanya betah bekerja sebentar saja di rumah, kan? Kalau begitu, ciptakan lingkungan yang nyaman untuknya bekerja. Tak hanya memberikan gaji yang layak, tapi jangan lupa berikan juga hadiah ulang tahun untuknya. Meski tak seberapa, perhatian kecil seperti ini bisa membuatnya semakin loyal, lho. Kemudian, perlakukan PRT secara terhormat, dan berikan hak-haknya sesuai dengan perjanjian ya, Moms.

2 replies on “Memilih Pembantu Rumah Tangga di Masa Pandemi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *