Categories
Tips

Tips Memilih Baby Sitter terbaik untuk anak

“Apakah si Kecil dapat dirawat dengan baik ya nantinya?” 

“Apakah adik berada di bawah pengawasan suster yang tepat, bisa mengajarkan hal yang baik?”

“Aman nggak ya si kecil dengan adanya suster tersebut?”

Apakah ini merupakan kekhawatiran mommies semua?

Kami memahami bahwa kesulitan menemukan Baby Sitter yang dapat dipercaya seringkali menjadi masalah yang dirasakan oleh hampir seluruh ibu yang mencintai anaknya. Untuk memastikan mommies mendapatkan baby sitter terbaik, berikut ini tips dari kami untuk memilih Baby Sitter terbaik untuk si kecil :

1. Pengalaman Kerja

Pastikan suster yang akan anda ambil sudah memiliki pengalaman khuss yang berkaitan dengan bidang pekerjaan mereka. Anak dibawah 1 tahun, seharusnya diasuh oleh Suster Baby. Sedangkan diatas 1 tahun, seharusnya diasuh oleh Suster Balita. Hindari memilih suster balita untuk si kecil yang berada dibawah 1 tahun.

2. Cek kesehatan Baby Sitter

Mengingat baby sitter nanti adalah orang yang paling dekat dengan si kecil. Perlu diketahui kondisi kesehatan dan rekam medis calon baby sitter, apakah sedang atau memiliki riwayat penyakit kambuhan. sehingga dipastikan si kecil aman dan terhindar dari penyakit yang menular dan berbahaya. 

3. Kematangan Usia

Untuk mengasuh Si Kecil, sebaiknya pilih Baby Sitter yang sudah cukup umur (sebaiknya minimal Usia 20 tahun untuk suster balita dan minimal usia 25 tahun untuk suster bayi) kematangan usia akan berpengaruh terhadap kestabilan emosi, banyaknya pengalaman, bagaimana cara menyelesaikan masalah (problem solving), bagaimana cara membantu tumbuh kembang anak dan lain sebagainya.

4. Lakukan Wawancara

It’s a must! sebelum mengambil keputusan Baby Sitter mana yang akan anda ambil , sangay penting untuk anda melakukan wawancara. Wawaancara bisa dilakukan via telepon, video call, ataupun bertemu langsung dengan calon baby sitter. Ajukan pertanyaan pertanyaan detail agar kepribadian pekerja dapat semakin terlihat jelas. Perhatikan bagaimana kesusuain jawwaban mereka terhadap pertanyaan yang anda berikan, postur tubuh, (gerakan non verbal) hingga ekspresi mereka terhadap pertanyaan anda.

5. Kenalkan kepada Si Kecil

Ketika wawancara, kenalkan Si Kecil dan jelaskan karakteristik juga sifat si Kecil agar baby sitter bisa lebih mudah dekat dengan mereka. Ajaklah mereka untuk berinteraksi dan lihat bagaimana reaksi mereka masing-masing pihak. Moment ini dapat berguna bagi anda untuk mendapatkan bayangan apakah Baby Sitter tersebut berguna bagi anda untuk mendapatkan bayangan apakah Baby Sitter tersebut dapat digunakan sebagai pilihan yang tepat bagi Si Kecil.

6. Penanganan Kondisi Darurat

Sangat penting bagi pengasuh anak anda untuk mengetahui bagaimana cara menangani kondisi darurat karena tidak dipungkiri bahwa kadangkala anak-anak rentan terhadap suatu resiko “kecelakaan” tertentu. Seorang pengasuh perlu memahami bagaimana menggunakan P3K, menangani anak tersedak, jatuh, keracunan makanan dan lain-lain.

2 replies on “Tips Memilih Baby Sitter terbaik untuk anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *