Categories
Tips

Inspirasi Menu MPASI untuk Bayi Usia 6 Bulan

Baby udah masuk fase MPASI, menu apa yang paling baik diberikan, ya?  

Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah siap diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Menurut panduan dari WHO, Moms sudah bisa langsung memberikan menu lengkap untuk memperkenalkan makanan pertama kali. Bingung mau memasak apa? Yuk intip 10 inspirasi menu MPASI 4 bintang untuk usia 6 bulan di bawah ini.

Bayi akan belajar makan 3 kali sehari untuk menu lengkap dan 2 kali camilan. Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyarankan untuk membuat menu 4 bintang, yaitu yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, serta sayur.

Tambahan lemak seperti mentega atau minyak zaitun juga bisa diberikan ke dalam menu MPASI bayi. Sedangkan untuk camilan Moms bisa memberikan puree buah atau menu tunggal yang terbuat dari buah-buahan.

Pastikan pemberian MPASI tepat waktu yaitu setelah 6 bulan jika tidak ada kondisi klinis khusus, mencukup nutrisi harian yang dibutuhkan bayi, aman, serta higienis.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi bayi pada suatu bahan makanan, berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Pediatrics (AAP), berikan bahan baru selama 3 hingga 5 hari dan amati reaksinya.

Apabila sudah aman untuk dikonsumsi, barulah bahan tersebut boleh dicampur dengan makanan lain.

Dalam sekali makan, Moms bisa terlebih dahulu mengenalkan dengan memberikan 2 atau 3 sendok makanan pada awalnya. Baru setelah itu ditambah porsinya sesuai dengan kemampuan bayi.

Tekstur makanan yang diberikan pun harus dihaluskan terlebih dahulu menjadi bubur kental atau puree agar bayi tidak tersedak.

Nah, berikut ini adalah 4 inspirasi menu MPASI 6 bulan untuk bayi yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

1. Puree Kentang dan Daging Sapi

2. Puree Pisang, Apel dan Yoghurt

3. Pepaya dan Biskuit Susu

4. Puree Pisang dan Alpukat

Nah, itu tadi 4 inspirasi menu MPASI untuk bayi 6 bulan, baik menu makanan utama dan juga cemilan. Tidak diperlukan keahlian memasak yang tinggi untuk membuat MPASI. Buatlah MPASI dengan penuh rasa cinta untuk buah hati Moms. Perhatikan juga waktu tidur dan menyusui , untuk si kecil. Selamat mencoba!

 

Diolah dari sumber :

10 Inspirasi Menu MPASI dan Snack untuk Bayi Usia 6 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *