Categories
Info Tips

Cek 5 Hal ini Sebelum Musim Hujan

Tanda tanda peralihan musim kemarau ke musim hujan. Ada baiknya Cek 5 hal ini sebelum musim hujan datang. Karena di saat seperti inilah kamu harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari fisik, hingga persiapan di rumah. Pasalnya, selain penyakit lebih mudah menghampiri, musim hujan juga kerap menimbulkan kerusakan pada beberapa bagian di rumah. Nah, kira-kira, apa saja yang harus kamu persiapkan? Berikut daftarnya :

1. Periksa kondisi saluran air
Saat musim hujan, volume air tentu akan lebih besar. Apabila saluran air tersumbat, maka otomatis akan terjadi banjir. Untuk itu, jangan lupa periksa saluran air di luar rumah dan bersihkan secara berkala sebelum memasuki musim hujan. Agar hasilnya maksimal, lakukan pembersihan selama dua minggu sekali agar daya tampungnya maksimal. Kegiatan ini bisa kamu lakukan bersama para tetangga lho, mengingat saluran air di lingkunganmu tentu menampung banyak rumah sekaligus. Selain memeriksa saluran air di luar rumah, periksa juga pipa-pipa yang ada di rumahmu. Pastikan tidak ada pipa yang bengkok atau retak sehingga menambah masalah baru karena dapat menyumbat air.  

2. Perhatikan atap rumah

Atap juga jadi hal utama yang harus diperhatikan. Saat musim kemarau, kerusakan pada atap mungkin tak akan berpengaruh besar. Lain halnya pada musim hujan. Jika kondisi atap tak baik, bocor bisa terjadi. Ketika terjadi bocor, rumah pun bisa rusak dan menjadi sumber penyakit. Apalagi kerusakan atap akan berpengaruh pada keretakan tembok juga. Untuk itu, periksa kondisi atap sesegera mungkin. Apabila atap terbuat dari genteng, ganti jika ada yang bocor atau pun geser. Begitu juga jika genteng terbuat dari asbes, periksa jika terjadi keretakan.

3. Periksa kabel listrik
Ketika musim hujan, kabel listrik yang sudah rapuh dan terkelupas berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran. Untuk mengantisipasinya, pemeriksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan stop kontak dalam keadaan baik sehingga risiko korsleting dapat diminimalisasi. Di musim hujan juga biasanya kerap kali terjadi pemadaman aliran listrik. Hal ini biasanya terjadi ketika hujan besar, apakah karena ada pohon yang tumbang sehingga menimpa kabel listrik, atau karena petir. Untuk itu, harus segera mempersiapkan alat penerangan alternatif.

4. Periksa dinding di rumah
Seringkali kita lupa memerhatikan dinding di rumah hingga akhirnya ada retakan yang menyebabkan bocor dan membuat panik. Daripada hal tersebut terjadi, sebaiknya perhatikan dengan teliti bagian-bagian yang mulai retak dan segeralah memperbaikinya.

5. Pembantu Rumah Tangga Bantu jaga Kebersihan Dirumah

Musim Penghujan, kebersihan  menjadi fokus untuk terhindar dari kuman kuman dan virus yang banyak menjangkit seiring datangnya hujan. Nggak mau kan rumah jadi kotor karena musim hujan, tenang ya…lalui musim hujan dengan Cari tahu cara memilih pembantu rumah tangga yang tepat, agar bisa diandalkan dirumah. Aktifitas repot gak sempat cari pembantu, Val The Consultant bisa bantu mencari dan menyeleksi kandidat pembantu rumah tangga yang tepat untuk anda.

So, persiapkan dan cek 5 hal tadi sebelum musim hujan datang. Jaga Kebersihan dan Kesehatan agar terhindar dari penyakit di musim penghujan.

Sumber : https://www.happyfresh.id/blog/hidup-hemat/persiapan-rumah-di-musim-hujan/

https://artikel.rumah123.com/musim-hujan-segera-datang-segera-siapkan-4-hal-ini-di-rumah-54042

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *