Categories
Tips

5 Rahasia Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

Orangtua mana yang tidak ingin buah hati kesayangannya tumbuh bahagia? 
 
Moms tentu merupakan satu diantaranya bukan? Dalam segala hal para orangtua akan selalu memastikan anaknya mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Namun tahukah Anda bahwa kebahagiaan anak tak hanya terletak pada apa saja yang diminta oleh anak.

Edward Hallowell, seorang psikiater and penulis buku The Childhood Roots of Adult Happiness, over-indulged children mengatakan bahwa memanjakan anak dengan selalu memberikannya mainan dan apa saja yang dinginkannya atau menuruti keinginan anak agar tidak cengeng bukanlah langkah tepat dan mendidik. 

Hal tersebut hanya akan membuat si kecil  tumbuh tidak normal sehingga pada saat remaja ia cenderung mempunyai tabiat yang jelek seperti cuek, merendahkan orang lain, dan tidak ceria.

Edward menjelaskan bahwa indikator terbaik untuk mengetahui apakah anak tumbuh dengan bahagia adalah dengan bertanya apakah semua kebutuhan anak untuk mendukung perkembangan jiwa dan mental mereka sudah terpenuhi? Jika belum terpenuhi berarti Anda sebagai orang tua belumlah memberikan kebahagiaan seutuhnya.

Perkembangan mental dan jiwa anak harus lah diutamakan oleh setiap orang tua karena hal ini mempunyai tujuan untuk memberikan nilai-nilai hidup yang akan berguna bagi si anak untuk bersosialisasi ketika beranjak remaja. Ketika orang tua hanya memenuhi kebutuhan materi anak saja, hal ini akan jadi boomerang yang malah menjerumuskan anak menjadi manja ketika beranjak dewasa nantinya.

Dalam mendidik anak setiap orang tua tentu mempunyai cara sendiri sendiri. Namun untuk hasil yang maksimal para ahli menyarankan agar orang tua mampu membesarkan anak mereka dalam lingkungan yang tidak terlalu kaku dan penuh kesabaran. Sehingga anak dapat berkembang secara normal, tak ada tekanan, serta dapat bertumbuh dengan menerapkan sikap bijak dalam di hidupnya.

Menurut Edward, mengenali apa yang tengah dirasakan anak cukup mudah. Bunda pun sebenarnya mampu membaca apa yang tengah si kecil rasakan. Bunda dapat memperhatikan tingkah dan perilaku sang buah hati. Bila si kecil terlihat selalu tertawa, senang bermain, dan bersosialisasi dengan anak lainnya, maka anak Anda tengah bahagia dengan keadaan dirinya.

anak bahagia

Namun, bila si kecil memperlihatkan tingkah dan perilaku yang sebaliknya, muram, menarik diri dari lingkungan sekitar, bisa jadi dia sedang berada dalam kesedihan dan membutuhkan dukungan moril Anda. Berikanlah perhatian yang lebih pada anak Anda dan segeralah lakukan pendekatan agar apa yang mereka rasakan bisa Anda ketahui.  

Paul C. Holinger, profesor psikologi di Rush-Presbyterian-St. Luke’s Medical Center di Chicago mengatakan bahwa hal-hal tersirat yang sering digunakan oleh anak ketika mengungkapkan perasaan mereka ada beberapa hal. Kesenangan dan ketertarikan merupakan sinyal positif yang digunakan anak ketika merasa bahagia pada keadaan dirinya.

Sedangkan rasa kesakitan, kemarahan, dan ketakutan adalah tanda negatif yang ditunjukan anak ketika merasa sedih. Kebanyakan anak akan mulai marah jika merasakan sedih yang mendalam.

Perasaan sedih pada anak seperti ini terkadang kurang dapat dipahami oleh para orang tua. Ketika si kecil memukul kakaknya sambil berteriak “aku benci kamu,” hal ini sebenarnya memperlihatkan bahwa ia merasa cukup menderita dengan tingkah kakaknya.

Dalam mengutarakan perasaan tiap anak memiliki cara masing-masing dan sebagai orang tua, Moms wajib mengenali hal ini agar dapat mengontrol serta membimbing anak Anda untuk menjadi pribadi yang bijak dan lebih baik lagi.

Kesibukan bikin moms tidak bisa berada disamping si kecil selama 24 jam? Perlu partner ang berpengalaman dan handal untuk merawat si kecil? 

Premium Nanny Jawabannya, pengasuh anak untuk keluarga modern. Melalului proses seleksi ketat dan pelatihan kompetensi intensif, premium nanny hadir dengan kualitas yang nyata.

Gak perlu bingung lagi cari partner yang handal dan bisa dipercaya untuk si kecil, Premium Nanny pengasuh anak kepercayaan keluarga Indonesia.

Sumber : https://www.ibupedia.com/infografis/rahasia-mendidik-anak-agar-tumbuh-bahagia

#babysitter
#babysittersurabaya
#babysitterjakarta
#jakarta
#surabaya
#nanny
#nannylife
#pengasuhanak
#premiumnanny
#premiumnannyindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *