Categories
Info

5 Pertanyaan Wajib Yang Baiknya di Tanyakan Saat Merekrut Babysitter

Kesibukan membuat moms berencana merekrut babysitter?
Sebelum merekrut ada baiknya tanyakan beberapa hal mendasar untuk memantapkan moms memilih babysitter 

Memperkejakan seorang babysitter bukanlah hal yang mudah bagi Moms. Ada baiknya saat proses wawancara moms benar benar mendapatkan informasi yang jelas tentang sosok pengasuh yang akan mendampingi Si Kecil selama moms sedang di luar rumah.

Untuk itu, Moms perlu sangat berhati-hati dalam memilih babysitter. Pilihlah babysitter dari yayasan atau tempat penyalur yang terpercaya, atau rekomendasi dari teman yang memang pernah menggunakan jasanya, atau kenalan dari keluarga.

Selain itu, jangan lupa untuk bertemu sebelum mempekerjakannya, dan kenalkan pada si Kecil.

Saat bertemu dengannya, jangan lupa untuk menanyakan 5 pertanyaan wajib ini pada si calon babysitter ya, Moms!

1. Apa kamu punya referensi?

Apabila babysitter yang akan Moms ambil berasal dari yayasan atau penyalur babysitter bukan dari referensi orang lain, coba minta 3 kontak orang yang bisa Moms hubungi untuk menanyakan tentang babysitter tersebut.

Akan lebih baik jika referensinya adalah majikan sebelumnya. Namun jika tidak, bisa siapa saja, dan setelahnya Moms bisa menghubungi orang yang referensinya diberikan oleh si babysitter.

Sama seperti interview kerja pada umumnya, hal ini dapat menjadi salah satu penilaian tentang karakter kerja, sifat, dan penilaian dirinya di mata orang lain.

Meski ia mungkin akan memberi kontak orang terdekatnya, dan nggak bisa moms pastikan 100% kebenarannya, tapi setidaknya ini dapat membantu.

2. Apa yang akan kamu lakukan jika anak saya menangis setelah saya tinggal?

Dari jawaban yang ia berikan, moms dapat menilai bagaimana cara dia menangani anak moms dan apakah caranya sesuai dengan apa yang moms harapkan.

Jika tidak, mungkin moms bisa berpikir 2 kali untuk menghire-nya. 

Jangan sampai moms salah memilih orang untuk menjaga anak mama.

3. Apa yang kamu lakukan saat terjadi keadaan darurat?

Moms dapat memberi beberapa contoh misalnya apabila terjadi gempa bumi, atau si Kecil tersedak makanan.

Dari jawabannya moms bisa melihat seberapa profesional babysitter yang akan moms terima untuk menjadi pengasuh bagi anak kesayangan moms, dan seberapa tenang ia dalam menghadapi suatu masalah.

Pertanyaan ini sangat penting demi keselamatan si Kecil

4. Jika anak saya tidak bisa diatur atau berlaku tidak sopan, apa yang akan kamu lakukan?

Dari pertanyaan ini, moms juga bisa mengetahui bagaimana dia mengontrol emosinya, cara yang dia lakukan dalam menghadapi situasi yang membuat dirinya mungkin bisa lepas kontrol.

Pertanyaan selanjutnya mungkin moms bisa menanyakan, “Apa menurut kamu membentak atau bersikap tegas dapat membuat anak jadi lebih menurut?”

Jawaban dari calon pengasuh anak ini bisa menjadi penilaian, apakah ia sudah profesional dalam menjalani tugasnya. moms juga bisa mengukur tingkat kesabarannya sebagai pengasuh anak.

5. Apa yang akan kamu lakukan sepanjang hari bersama anak saya? Apa yang akan kamu lakukan jika anak saya merasa bosan?

Dari sini moms akan mengetahui kreatifitas babysitter sejauh apa. Jika ia orang yang pemalas mungkin ia akan menjawab menonton televisi.

Namun, tidak mungkin anak moms akan menonton televisi sepanjang hari dari pagi hingga malam kan?

Jadi jika ia menjawab akan mengajaknya bermain atau bernyanyi, Moms dapat tanyakan “Permainan apa saja yang kamu tahu? Nyanyian apa saja yang kamu hapal dan bisa ajarkan ke anak saya?”

Nah, itulah pertanyaan yang wajib moms tanyakan kepada babysitter. Mungkin ada beberapa orang yang memang pintar berbicara tapi nihil pada saat prakteknya.

Maka dari itu akan lebih baik jika beberapa hari atau bahkan pada minggu pertama moms mendampingi babysitter saat sedang menjaga si Kecil.

Dari situ moms bisa tahu apakah jawabannya hanya teori belaka atau memang dia bisa melakukan sesuai dengan yang dia sampaikan saat interview.

Setiap orangtua mungkin memiliki persepsi yang berbeda untuk setiap jawaban dari pertanyaan di atas.

Jadi, semua kembali lagi ke moms  untuk menentukan apakah babysitter yang akan moms  hire layak untuk menjaga anak moms atau tidak.

Gak Ada waktu buat mencari babysitter yang berpengalaman?
Gak perlu bingung moms,
⭐⭐⭐⭐⭐
Premium Nanny
siap bantu untuk mencari, menyeleksi secara ketat untuk menemukan sosok babysitter yang sesuai keinginan.

Jadi gak perlu bingung meluangkan waktu mencari babysitter, biar premium nanny yang urus. babysitter berkuaitas, premium nanny aja pasti pas…dihati Moms.

Premium Nanny, Building Your Child’s Future 

Sumber : popmama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *