Categories
Tips

4 Cara Smart Membersihkan Teflon

Teflon di rumah mulai mengelupas? Hmm, sepertinya perlu cek lagi apakah selama ini cara membersihkan teflonnya sudah tepat.

Teflon atau wajan anti lengket sangat banyak kegunaannya terutama untuk memasak. Desainnya yang praktis dan cara pakai yang tidak sulit menjadikannya salah satu alat masak yang cukup jadi favorit. Tetapi, teflon harus dibersihkan dengan hati-hati. Seperti kita tahu, teflon mudah tergores dan mengelupas jika perawatannya salah.
 

Terlalu keras menyikat atau menggunakan pembersih yang tidak tepat malah akan merusak teflon dan membuatnya tidak anti lengket lagi. Dilansir Kitchn, berikut ini cara membersihkan teflon dengan benar. Semoga bermanfaat ya, Bun.

1. Pastikan teflon dalam keadaan dingin

Sebelum dibersihkan biarkan teflon benar-benar dingin karena meletakkan teflon panas dalam air dingin bisa membuat teflon mengalami thermal shock.

2. Gunakan sabun cuci piring

Teteskan sabun cuci piring ke spons, gosok perlahan permukaan teflon dengan gerakan memutar. Jangan pernah menggunakan penggosok yang terbuat dari logam karena dapat merusak lapisan teflon. Jangan juga gunakan pembersih seperti pembersih oven, pemutih, pembersih lantai, atau porselen untuk membersihkan teflon karena ini juga dapat merusak permukaannya. Lakukan penggosokan pada bagian luar dan juga pegangan teflon. Kemudian bilas dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel.
 
3. Gunakan garam kosher
Jika noda membandel tetap ada di teflon, taburkan sedikit garam kosher ke bagian yang bernoda. Lalu, tambahkan sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta, kemudian gunakan spons dan gosok dengan lembut. Jangan menggosok teflon terlalu keras karena bisa menyebabkan pelapis teflon tergores. Setelah menggosok teflon dengan garam kosher, bilas teflon dengan air dan keringkan.
 
4. Gunakan minyak sayur
Untuk mengatasi teflon yang terlalu kering karena jarang dipakai, gosok permukaannya dengan sedikit minyak sayur dan handuk kertas. Kemudian bersihkan sisa-sisa minyak dengan handuk kertas lagi.
 

Kalo sobat smart udah sibuk dan capek seharian beraktifitas di luar rumah kita paham kok yang sobat rasakan. Gak usah pusing, serahkan urusan merawat perabot rumah tangga kepada smartmaid.

Asisten Rumah tangga modern yang bisa diandalkan dan dipercaya untuk mengurus rumah. Rumah bersih dan perabotan terawat setiap hari 😊

Smartmaid, Your Home Deserves The Best 👍


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *