Categories
Tips

4 Cara Menyikat Gigi Bayi Tanpa Bikin Menangis

Melihat gigi pertama si kecil muncul adalah momen yang menggemaskan. Namun untuk membuat bayi mau disikat giginya memang hal yang susah susah gampang dilakukan, moms. Bagaimana ya caranya agar si kecil tetap nyaman saat disikat gigi???

Terkadang Perawatan gigi pada bayi sering diabadikan para Orang Tua. Padahal merawat gigi bayi perlu dilakukan sejak tumbuh pertama kali.

Hal itu dapat mencegah gigi bayi jadi rusak akibat sisa susu di dalam mulutnya. Menyikat gigi bayi juga akan membuat  paham kapan periode anak tumbuh gigi nih.

Saat bayi tumbuh gigi, Moms harus lebih sabar dibanding biasanya. Nyeri pada gusi akan membuat bayi rewel dan mogok makan.

Buat suasana mandi jadi menyenangkan agar mereka tidak merasa aktivitas sikat gigi jadi menakutkan. Misalnya dengan memberikan mainan atau benda-benda aman untuk mereka mainkan. Moms  bisa juga sambil menyanyikan lagu dan mengungkapkan rasa sayang ke anak.

Pada bayi di bawah satu tahun, gunakan sikat gigi karet lembut. Sikat ini juga berfungsi untuk membersihkan bagian lidahnya. Sehingga, napas bayi tetap fresh, Moms.

Melansir dari Rising Children, untuk mencegah kerusakan gigi bayi, pastikan untuk tidak terlalu banyak memberikan makanan dan minuman yang mengandung gula. Hal penting lainnya, usahakan agar tidak membuat bayi tidur dalam posisi minum susu dari botol.

Moms juga sebaiknya telaten menyikat gigi mereka dua kali sehari. Jika bayi tidak suka ada sikat gigi di dalam mulutnya, gunakan kain kasa untuk membersihkan bagian depan dan belakang masing-masing giginya.

Banyak orangtua yang mengeluh sulit menyikat gigi bayinya. Nah, simak yuk beberapa saran di bawah ini agar lebih mudah merawat gigi bayi.

1. Posisikan bayi menghadap Moms, agar lebih gampang melihat mulutnya. Hal itu juga akan membuat bayi merasa aman. Bunda bisa duduk di tempat tidur atau lantai, dan baringkan bayi sampai kepala mereka ada di pangkuan Moms.


2. Rapatkan dagu bayi ke tangan. Sedangkan posisi kepalanya bersandar di tubuh Moms.

3. Buka bibir bayi dan angkat ke atas untuk membersihkan giginya. Putar sikat dengan gerakan melingkar lembut secara berulang-ulang.

4. Pastikan Moms menyikat bagian depan dan belakang setiap gigi, dan juga garis gusi.

Butuh partner terbaik untuk merawat Si Kecil ?

Eits, gak perlu bingung moms…ada Premium Nanny, partner andalan Moms merawat Si Kecil. Dengan Premium Nanny momen menyikat gigi bisa menjadi menyenangkan  dan riang gembira dengan memainkan mainan mainan yang mencuri perhatian si kecil ☺️

Jadi, momen menyikat gigi si kecil gak perlu membuatnya menangis lagi kan?😉
Premium Nanny,

Partner Kepercayaan Keluarga Modern Indonesia

#babysitter
#pengasuhananak
#nanny
#nannylife
#babysittersurabaya
#babysitterjakarta
#gigi
#gosokgigi
#child
#baby
#jakarta
#surabaya
#valtheconsultant

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *