Head Office : Suva Diva Blok Z9-07, Pakuwon City. Surabaya  | 0821 3997 0990    –    Branch Office : SOHO @PODOMORO  CITY Lt. 21 No. 23 Jakarta Barat 11470 | 0812 1948 6741

  • No products in the cart.
Image Alt

Frequently Asked Question (FAQ)

  >  Frequently Asked Question (FAQ)

1. Siapa ValTheConsultant?

Val_theconsultant adalah layanan konsultan resmi dan manajemen rekrutmen pengasuhan anak domestik terbesar yang menyediakan pengasuh anak meliputi suster bayi , suster balita , suster lansia , pembantu rumah tangga dan juga sopir pribadi di seluruh Indonesia.

2. Apakah yang dimaksud dengan suster semi ? Apa tugasnya?
SEMI = JUNIOR = PEMULA
Suster semi adalah suster dengan pengalaman yang tergolong sangat minim (1-2tahun) atau bahkan belum punya pengalaman sama sekali sehingga masih membutuhkan bimbingan dan waktu untuk beradaptasi.
APA TUGASNYA?
– Suster semi bertugas sebagai seorang asisten yang membantu menjaga anak termasuk memberi makan, memandikan, mengajak bermain seperti suster pada umumnya namun masih membutuhkan banyak pengawasan orang tua. Cocok bagi orang tua yang memiliki banyak waktu di rumah
– Suster semi umumnya dibuat untuk jaga balita bukan baby. Untuk jaga baby kurang cocok mengingat baby sangat rentan sekali jika dijaga dengan suster yang tidak pengalaman. Dan suster semi kebanyakan takut disuruh menjaga baby karena belum pengalaman. Jika para mommy mau memakai suster semi untuk menjaga baby maka kami sarankan untuk membantu soal keperluan cuci baju baby, botol, bersihkan kamar, membantu menjaga baby ketika mommy mandi/istirahat (istilahnya sebagai asisten saja). Dan perlu pengawasan ekstra sebelum menyerahkan baby ke tangan suster semi.
– Suster semi identik dengan tugas merangkap sebagai pembantu rumah tangga. Untuk masalah serabutan pekerjaan rumah tangga sekali lagi tergantung level ke”ringan tangan-an” masing-masing suster. Untuk job description suster semi tiap majikan berbeda-beda dan pembagian tugas tersebut bisa dijelaskan kepada suster yang bersangkutan, kami akan membimbing anda dalam proses wawancata tersebut

3. Apa yang dimaksud dengan sistem cuti ?
– Setiap bulan suster mendapat jatah cuti 1 hari. Jika suster tidak pulang maka dia berhak mendapat uang cuti sebesar Rp 100.000-Rp 200.000 (umumnya)

Contoh : Dalam 1 bulan, Suster anik bekerja FULL 30 HARI. Oleh karena itu, Suster anik berhak untuk mendapatkan BONUS SISTEM CUTI senilai 100 ribu dalam bulan

tersebut.

– Apabila suster pulang otomatis tidak mendapatkan uang cuti dan pada umumnya berlaku sistem potongan gaji (gaji per bulan dibagi 30 hari kemudian dikalikan berapa hari dia

pulang) contoh : Suster anik pulang selama 4 hari (Gaji Rp 3.000.000/bulan) sehingga selain tidak mendapat uang cuti, majikan berhak memotong gajinya

sebesar 3.000.000 : 30 hari = Rp 100.000 x 4 hari = Rp 400.000. Jadi suster anik memperoleh gaji Rp 2.600.000 (Gaji Rp 3.000.000-400.000)

– Sistem cuti berlaku untuk Suster, tidak berlaku untuk PRT dan Driver.

– Tidak berlaku untuk wilayah luar pulau karena terikat kontrak (gaji langsung dihitung nett tidak ada uang cuti lagi)
Contoh : Dalam 1 bulan, Suster anik bekerja FULL 30 HARI. Oleh karena itu, Suster Christine berhak untuk mendapatkan BONUS SISTEM CUTI senilai 100 ribu dalam bulan         tersebut.

4. Adakah biaya lain yang perlu dibayarkan untuk pengambilan tenaga kerja ?
Untuk Pengambilan Tenaga Kerja Majikan juga akan membayarkan :
1. Consultant Fee

2. Mandatory Fee

3. Deposit Gaji Bulan Pertama

4. Lodging Fee (Jika Ada)

5. Medical Check Up Fee (Jika Ada)

6. Tes Covid-19 (selama masa Pandemi Covid-19)

5. Jika saya sudah deal dengan pekerja yang ada di Val_TheConsultant, namun jadwal masuk kerja masih 1 bulan lagi, apakah pekerja dapat dititipkan terlebih dahulu ?
– Pekerja dapat dititipkan maksimal 21 hari dengan membayarkan biaya Lodging Fee (Uang Tunggu)

6. Bagaimana sistem order dan pengiriman tenaga kerja di Val_TheConsultant?
Sistem Order :
Bisa Langsung melakukan Interview dan Order kepada masing-masing Konsultan kami sesuai dengan tenaga kerja yang anda inginkan
Sistem Pengiriman :
– PIHAK CLIENT MENJEMPUT tenaga kerja di TEMPAT KAMI
– PIHAK KAMI yang MENGATUR PENGIRIMAN tenaga kerja ANDA
Pilihan : Transportasi darat / Transportasi udara (tergantung lokasi pengiriman)
Catatan : Lokasi Keberangkatan berada di kota Surabaya dan Jakarta

7. Bagaimana peran Val_TheConsultant dalam menangani kasus kriminal seperti pencurian dan kekerasan terhadap anak?

VAL_THECONSULTANT berperan sebagai MEDIATOR (PIHAK KETIGA ATAU PIHAK PENENGAH) dalam menangani kasus kriminal dan kekerasan anak. Pihak VAL_THECONSULTANT berupaya untuk memberikan bantuan nasehat, ide, maupun masukan. Bentuk pelanggaran kasus kriminal yang dilakukan oleh client ataupun pekerja akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

8. Bagaimana sistem kenaikan gaji dan THR yang berada di Val_TheConsultant ?
Kenaikan Gaji dan THR Sistem Tanpa Kontrak :
– Kenaikan Gaji Pertama di Bulan Ke-4, Kenaikan Gaji Kedua yaitu 6 bulan setelah kenaikan Gaji Pertama, Kenaikan Gaji Ketiga yaitu 10 bulan setelah kenaikan Gaji Kedua.

Besar kenaikan gaji yaitu Rp. 200.000 untuk Suster dan Rp. 100.000 untuk PRT.
– THR diberikan Proportional Rate dengan masa kerja minimal 1 bulan.
– Rumus Perhitungan THR : (Total Gaji / 12 Bulan) x Lama Bulan Bekerja = THR Proportional Rate

Kenaikan Gaji dan THR dengan Sistem Kontrak :
– Kenaikan Gaji Pertama yaitu di Bulan ke 6 Sebesar Rp. 250.000 untuk Suster dan Rp. 150.000 untuk PRT
– THR dan Uang Transportasi untuk pulang wajib diberikan ketika masa kerja pekerja sesuai dengan kontrak Habis.

9. Bagaimana sistem kenaikan gaji dan THR yang berada di Val_TheConsultant ?
Kenaikan Gaji dan THR Sistem Tanpa Kontrak :
– Kenaikan Gaji Pertama di Bulan Ke-4, Kenaikan Gaji Kedua yaitu 6 bulan setelah kenaikan Gaji Pertama, Kenaikan Gaji Ketiga yaitu 10 bulan setelah kenaikan Gaji Kedua.

Besar kenaikan gaji yaitu Rp. 200.000 untuk Suster dan Rp. 100.000 untuk PRT.
– THR diberikan Proportional Rate dengan masa kerja minimal 1 bulan.
– Rumus Perhitungan THR : (Total Gaji / 12 Bulan) x Lama Bulan Bekerja = THR Proportional Rate

Kenaikan Gaji dan THR dengan Sistem Kontrak :
– Kenaikan Gaji Pertama yaitu di Bulan ke 6 Sebesar Rp. 250.000 untuk Suster dan Rp. 150.000 untuk PRT
– THR dan Uang Transportasi untuk pulang wajib diberikan ketika masa kerja pekerja sesuai dengan kontrak Habis.

10. Apabila saya ingin melaporkan kasus blacklist yang dilakukan oleh pekerja bagaimana caranya ?

Untuk melaporkan kasus balcklist bisa mengisi form pada link berikut :

Blacklist Report

11. Haruskah saya memberi tahu pengasuh kita bahwa kita memiliki kamera pengasuh di rumah?

Ada pro dan kontra untuk pertanyaan ini. Anda dapat menjelaskan bahwa Anda mempercayai pengasuh Anda dan bahwa penggunaan kamera adalah untuk ketenangan pikiran dan keselamatan anak Anda, maka seorang pengasuh anak mungkin menganggapnya masuk akal. Dengan memberi tahu mereka tentang penggunaan kamera pengasuh, Anda membangun kejujuran di awal hubungan profesional Anda. Memiliki kamera pengasuh juga bisa bermanfaat bagi mereka. Rekaman dapat mengonfirmasi acara versi mereka jika, misalnya, anak Anda mendapat goresan atau memar dan rekaman kamera pengasuh anak menunjukkan bahwa pengasuh Anda benar dalam mengatakan bahwa ia jatuh sendiri tanpa ada kesalahan pengasuh. Sistem pengasuh kamera dengan audio dua arah dapat memberikan beberapa manfaat tambahan untuk Anda dan pengasuh Anda. Jika Anda tidak memberi tahu pengasuh Anda sebelumnya dan mereka menemukan Anda memiliki kamera yang merekamnya, Anda dapat membahayakan atau menimbulkan keraguan dalam hubungan Anda dan mereka mungkin memutuskan untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Di sisi lain, Anda lebih cenderung menangkap perilaku lalai jika pengasuh Anda tidak menyadari ada kamera. Meskipun mungkin menciptakan situasi yang tidak nyaman jika Anda perlu mengatasi tindakan yang tertangkap kamera tanpa pengasuh Anda tahu mereka sedang direkam. Ingat penggunaan cam pengasuh tidak untuk menangkap pengasuh Anda saat melakukan sesuatu yang lalai atau berbahaya. Ini untuk mencegah hal itu terjadi sejak awal dan memastikan anak-anak Anda aman. Memberitahu pengasuh Anda bahwa mereka sedang diawasi mungkin cukup untuk memengaruhi tindakan mereka secara positif.

12. Apa perbedaan antara pekerja harian (infal) dan pekerja permanen ?

A. Pekerja harian datang ke rumah keluarga yang mempekerjakan pada pagi / siang hari dan melakukan semua tugas tetapi kembali ke akomodasi sendiri di sore /malam hari. Atau bisa juga menginap 1×24 jam namun hanya digunakan untuk sementara saja (seperti menggantikan pekerja permanen anda yang sedang sakit / cuti)

B. pekerja permanen tinggal bersama dengan keluarga yang mempekerjakannyq dan dia akan tinggal di rumah tersebut atau bersama keluarga. Baik pekerjw yang tinggal di dalam maupun yang tinggal di luar memiliki tugas yang sama. Ini termasuk menyiapkan makanan untuk anak-anak, mencuci pakaian anak-anak, berbelanja untuk mereka, merapikan kamar anak-anak, melakukan kegiatan pembibitan / sekolah, mengawasi pekerjaan rumah dan tugas pengasuhan anak lainnya yang mungkin ada.

13. Bagaimana proses pre screening yang dilakukan val the consultant terhadap Pekerja?

14. Apa saja Kategori jenis pekerja yang disalurkan oleh ValTheConsultant  dan apa perbedaanya?

  • (Klik kanan -> Open image in new tab) untuk perbesar gambar

15. Bagaimana sistem/Alur pengambilan pekerja dari ValTheConsultant?

A.  Pertama anda dapat konsultasi terlebih dahulu dengan menghubungi consultant kami untuk menjelaskan kebutuhan anda.

B  Konsultan kami akan memberikan CV calon kandidat untuk diinterview

C. Penjelasan gaji , fee dan job description.

D. Pekerja kami akan diberangkatkan melalui kota surabaya / jakarta

16. Berapa Estimasi gaji masing masing kategori pekerja di Val The Consultant?

  • (klik kanan > open image in new tab) untuk zoom dan download gambar